Jadi Anggota DPR, Ini Rencana Jalaludin Rakhmat

08:24

Jalaludin Rakhmat dikenal sebagai tokoh utama Syiah di Indonesia. Lewat Pemilu Legislatif 2014 Kang Jalal, demikian panggilannya, terpilih sebagai Anggota DPR RI dari PDIP Dapil Jawa Barat II. Setelah dilantik 1 Oktober 2014 kemarin, apa "Misi" tokoh syiah ini? Berikut kami kutip dari liputan TEMPO, Kamis 2 Oktober 2014.
Jadi Anggota DPR, Ini Rencana Tokoh Syiah

Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Jalaludin Rakhmat mengatakan saat ini regulasi kurang menolerir kebebasan beragama seperti adanya undang-undang penistaan agama. Legislator dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini berencana melahirkan sebuah undang-undang perlindungan untuk semua agama.

Sebagai ulama dari kelompok Syiah, kang Jalal -sapaan karib Jalaludin Rakhmat, mengaku akan membawa misi untuk melindungi kaum Syiah. Tidak hanya itu, kang Jalal juga akan membela kaum minoritas di parlemen seperti Ahmadiyah dan pemeluk agama Kristen. "Mereka memerlukan perlindungan dari undang-undang supaya tidak menjadi sasaran (tindakan) intoleransi," katanya saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Rabu, 1 Oktober 2014.(Baca:Anggota Dewan Termuda, Incar Komisi V)

Jalal yang mewakili daerah pemilihan Jawa Barat II Kabupaten Bandung-Kabupaten Bandung Barat ini mengatakan kasus intoleransi kerap terjadi. Seperti penutupan gereja-gereja, ibadah kaum Ahmadiyah yang diganggu dan kriminalisasi kelompok Syiah. Jalal mengaku akan ditugaskan partainya untuk duduk di komisi VII DPR yang mengurusi isu  agama.(Baca:Harapan Rieke Diah Pitaloka Tetap di Komisi IX)

Dia mencontohkan penolakan Front Pembela Islam terhadap Basuki Tjahaja Purnama menjadi Gubernur DKI Jakarta adalah bagaimana rasisme dan agama menjadi alat politik untuk menjatuhkan seorang pejabat. Menurut dia, berdasarkan UUD 1945, konsep NKRI dan pancasila, setiap warga negara berhak memilih dan dipilih menjadi pemimpin. "Menjatuhkan seorang pejabat hanya karena alasam agama atau ras, menurut kami itu kemunduran besar," katanya.

(sumber: http://www.tempo.co/read/news/2014/10/02/078611290/Jadi-Anggota-DPR-Ini-Rencana-Tokoh-Syiah)

* portal kita semua

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan