Superfood yang dibutuhkan oleh tubuh

20:57

superfood-agregasiblog
Sistem pencernaan yang terjadi pada tubuh makhluk hidup merupakan proses yang dimulai dari masuknya makanan ke dalam tubuh, memecahnya menjadi bagian kecil nutrisi, sampai penyerapan ke dalam aliran darah dan proses pembersihan tubuh dari sisa pencernaan tersebut. Setiap energi yang didapat dari hasil pencernaan itulah yang memberikan tenaga bagi tubuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas setiap harinya. Karena itu sangat penting bagi semua makhluk hidup khususnya manusia untuk selalu menjaga pencernaannya tetap sehat dan terjaga dengan baik. Pencernaan yang baik dapat selalu terjaga sangat tergantung dari pola dan jenis makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Berbagai masalah kesehatan yang menyerang sistem pencernaan selalu disebabkan oleh buruknya pola makan yang diterapkan dan sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat sangat berpotensi menimbulkan masalah-masalah dalam sistem pencernaan.

Banyak sekali jenis makanan yang dapat kita konsumsi guna menjaga kesehatan sistem pencernaan tetap dalam kondisi terbaiknya. Dengan kondisi sistem pencernaan yang baik tentu proses pengolahan makanan menjadi energi tubuh akan menjadi maksimal dan bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh kita. Makanan-makanan tersebut adalah :

1. Pisang

Serat sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan, cukupnya serat dalam pencernaan akan membantu melancarkan proses cerna yang berlangsung di dalam saluran pencernaan. Kandungan serat yang kaya dalam buah pisang sangat baik bagi kebutuhan sistem pencernaan.

2. Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak sekali lemak tak jenuh yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan selain serat yang dimiliki olehnya.

3. Jahe

Teh jahe atau peppermint dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan dan membuatnya lebih sehat.

4. Yogurt

Kandungan bakteri baik yang dibutuhkan dalam proses pencernaan yang terkandung dalam yogurt dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan yang tercemar oleh makanan yang kurang sehat.

5. Air putih

Meski sangat sederhana, ternyata air putih sangat membantu organ-organ pencernaan seperti usus dalam mengerjakan prosesnya dalam sistem pencernaan.

Selain 5 makanan di atas yang terbukti secara klinis mampu membantu menjaga sistem pencernaan dalam tubuh dengan baik, kita juga disarankan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh yang juga turut berpengaruh pada kesehatan organ sistem pencernaan dengan cara berolahraga secara teratur untuk membakar kalori dan menurunkan tingkat kadar lemak tidak sehat di dalam tubuh. Berolahraga secara teratur juga terbukti memberikan efek baik bagi pola tidur dan membantu menghilangkan stres yang sangat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh khususnya sistem pencernaan itu sendiri.

Dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik secara keseluruhan sebenarnya akan membuat semua bagian tubuh termasuk sistem pencernaan selalu bekerja dengan fungsi yang optimal. Sehingga berbagai masalah kesehatan yang dapat menyerang tubuh dan sistem pencernaan tubuh dapat dihindari. Dan dengan tubuh yang sehat tentu kita akan lebih dapat menikmati waktu yang kita miliki untuk melakukan hal-hal yang kita sukai baik itu sendirian maupun bersama dengan anggota keluarga tersayang. Sebab kesehatan yang tidak dijaga dengan baik akan membuat kita banyak melewatkan hal-hal menyenangkan yang dapat kita nikmati dalam menjalani kehidupan ini.


sumber : keluarga.com

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan