Wujudkan Mimpi Khalifah Abdul Hamid, PM Erdogan Bangun Terowongan Asia-Eropa

13:17

Turki tak hanya memiliki jembatan yang menghubungan Asia-Eropa yang dikenal dengan Asia Eropa, tapi bakal memiliki terowongan di bawah air yang menghubungan dua benua tersebut.
 

Ide tersebut sebenarnya telah dicetuskan lebih dari 150 tahun yang lalu oleh Sultan Kekhalifaan Ustmani. Khalifah Abdulhamid memimpikan dan membuat sketsa gambar pembangunan terowongan di bawah air yang menghubungkan kekhalifaannya dari asia menuju  Eropa. Namun, kurangnya teknologi dan pembiayaan saat itu  membuat rencana dan visinya itu tidak terlaksana.

Pada hari Selasa (29/10/2013) ini, rencana dan visi khalifah itu  akhirnya akan direalisasikan oleh  Turki modern dengan membuka terowongan rel kereta api Marmaray yang  menghubungkan sisi Eropa dan Asia di kota bersejarah ini .

”Pendahulu  kita rencanakan ini (proyek terowongan-red) . Dan kini  kita yang mewujudkannya, ” kata Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan seperti dikutip dari Middle East Online.

Sementara terowongan tersebut secara resmi akan dibuka pada Selasa, tetapi rel  kereta api belum  sepenuhnya dapat melakukan operasionalnya.

Pejabat pemerintah Turki menyatakan dalam  konferensi persnya,  bahwa terowongan tersebut memiliki kapasitas maksimum 1,5 juta penumpang per hari dan diharapkan dapat  meringankan 20% beban  lalu lintas padat di Istanbul, demikian seperti dilansir dari Hurriyet Daily News.

Erdogan mulai mencanangkan pembuatan  terowongan ini sejak  tahun 2004, dan proyek ini sebagai salah satu dari banyak proyek mercusuarnya termasuk pembuatan  jembatan ketiga, Dermaga paralel, dan bandar udara ketiga di kota itu.

Pembangunan terowongan dijadwalkan selesai dalam  empat tahun, tapi terjadi serangkaian penundaan karena banyak ditemukan  artefak dan benda bersejarah di lokasi  tersebut
 
*http://www.islamedia.web.id/2013/10/wujudkan-mimpi-khalifah-abdul-hamid-pm.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan