Erdogan Pastikan Turki akan Pertahankan Makam Suleyman Shah di Suriah

11:12

Presiden Recep Tayyip Erdogan berjanji bahwa tentara Turki tidak akan ragu-ragu untuk melancarkan serangan guna melindungi makam Suleyman Shah yang berada di Suriah.

Hal itu dikatakan Erdogan dalam pesan khususnya di hari Raya Idul Adha yang ditujukan kepada para pengawal yang bertugas menjaga komplek makam Suleyman Shah

Makam Suleyman Shah merupakan kompleks makam kakek dari pendiri Kesultanan Utsmaniyah, Usman I, yang konon meninggal karena tenggelam di Sungai Eufrat yang sekarang masuk wilayah Suriah. Area pemakaman Suleyman Shah itu terletak di Aleppo. Berdasarkan perjanjian antara Turki dengan Prancis tahun 1921, area makam tersebut menjadi wilayah kedaulatan Turki. Sejak itu tempat tersebut dikawal oleh pasukan keamanan Turki.

Pesan khusus Erdogan yang dirilis hari Jumat (3/10/2014) menjelang peringatan Idul Adha itu menyusul sebuah pesan dari Kepala Staf Umum Jenderal Necdet Ozel yang memastikan para prajuritnya bahwa mereka tidak sendiri.

Kepada tentaranya Erdogan mengatakan bahwa rakyat dan doa-doanya selalu menyertai mereka.
“Angkatan Bersenjata Turki tidak akan ragu-ragu untuk segera berangkat membantu kalian tanpa ditunda-tunda,” kata Erdogan dikutip Hurriyet.

Erdogan menyebut para petugas keamanan penjaga makam sebagai “pahlawan” dan mengucapkan terima kasihnya atas bakti dan pengorbanan mereka.

“Negara Republik Turki tidak akan ragu untuk mengerahkan seluruh dayanya untuk melindungi bahkan tempat yang paling kecil dari tanah negeri kita,” tegas Erdogan.

Menurut para pejabat Turki dan Amerika Serikat, makam tersebut menjadi perhatian seiring dengan gerak pasukan ISIS/ISIL di daerah tersebut.

Lokasi makam yang berjarak sekitar 40 kilometer dari perbatasan Turki-Suriah di Aleppo itu dijaga oleh pasukan unit khusus yang berada di bawah komando angkatan darat.*hidayatullah.com

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan