Pendiri NU Akan Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

18:47


Empat orang tokoh bangsa Indonesia akan mendapatkan gelar pahlawan nasional pada Jumat (7/11) esok hari.

Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, menyatakan keempat tokoh bangsa akan mendapatkan gelar pahlawan nasional dari Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Tedjo Edhi Purdijatno.

"Besok, Jumat (7/11), Menkopolhukkam akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh bangsa," tutur Khofifah pada Kamis (6/11) siang.

Keempat tokoh itu, jelas Khofifah, adalah almarhum Letjen TNI Purn. Djamin Ginting dari Tanah Karo, Sumatera Utara; almarhum Sukamdi Kartodiredjo dari Blitar, Jawa Timur; almarhum HR. Muhammad Mangunprodjo dari Sragen, Jawa Tengah dan KH. Abdul Wahab Hasbullah dari Tambak Beras, Jombang, Jawa Timur.

KH Abdul Wahab Hasbullah dikenal sebagai pendiri NU. Dakwahnya dimulai dengan mendirikan media massa atau surat kabar, yaitu harian umum “Soeara Nahdlatul Oelama” atau Soeara NO dan Berita Nahdlatul Ulama.

Penganuegarahan gelar pahlawan nasional ini, lanjutnya, sudah melalui proses oleh Panitia Nasional Hari Pahlawan. Ketuanya adalah Bambang Sulistomo, putra Pahlawan Nasional Bung Tomo.

"Atas nama Kemensos, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia hari pahlawan. Dengan kebersamaan dari seluruh tim panitia ini, insya Allah acara dapat berjalan lancar," papar Khofifah.

Khofifah menyampaikan hal ini saat memberikan kata sambutan dalam acara 'Silaturrahim Kementerian Sosial dengan Veteran Seroja dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan tahun 2014'.

Acara berlangsung di Kompleks Pemukiman Seroja, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi pada Kamis (6/11) siang.

Acara ini dihadiri pula oleh Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa; putra pahlawan nasional Bung Tomo, Bambang Sulistomo; Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu; Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkot Bekasi, Agus Dharma; dan Staf Khusus Wali Kota Bekasi, Junaedi.

Acara ini terselenggara atas bantuan program CSR Bank Artha Graha bertajuk 'Artha Graha Peduli'.

*sumber: ROL

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan