20 Syahid dan 430 Ditangkap Saat Rakyat Mesir Peringati 4 Tahun Revolusi

09:22

Empat tahun lalu, 25 Januari 2011, rakyat Mesir melakukan Revolusi yang akhirnya berhasil menumbangkan rezim diktator Husni Mubarak yang telah berkuasa selama 30 tahun.

Revolusi 25 Januari akhirnya mengembalikan rakyat Mesir dalam kebebasan dan pemilu pertama yang bebas digelar yang mengantarkan Mohamed Morsi yang didukung Ikhwanul Muslimin terpilih sebagai presiden.

Namun Morsi kemudian digulingkan dalam kudeta militer yang dipimpin oleh mantan kepala militer Abdel Fattah el-Sisi pada Juli 2013 hingga sampai sekarang Mesir kembali ke zaman diktator.

Namun rakyat Mesir terus melakukan perlawanan, hampir setiap hari dan terutama hari Jumat, mereka melakukan demonstrasi damai untuk menumbangkan rezim kudeta As-Sisi.

Ahad 25 Januari 2015, gelombang besar rakyat Mesir turun ke jalan untuk memperingati empat tahun Revolusi yang telah dirampok rezim As-Sisi dan menuntut dikembalikannya kursi kepresidenan kepada presiden sah Mohamed Morsi yang saat ini mendekam di penjara. Poster-poster Mohamed Morsi mewarnai
aksi demonstrasi.

Unjuk rasa peringatan empat tahun Revolusi berlangsung di Kairo dan sejumlah kota provinsi. Dan aparat rezim As-Sisi seperti biasanya melakukan apa saja untuk mempertahankan kekuasaan. Mereka tak ragu untuk membunuh rakyat untuk melindungi sang majikan.

Sampai berita ini dibuat dilaporkan oleh Kabar Mesir, 20 demonstran syahid dan 430 ditangkap.

Di kota Kairo, bentrokan sengit terjadi di Matariyah dan Ain Shams, Kairo Timur.

Bentrokan juga terjadi di Giza, Kairo Barat, yang diawali dengan tembakan gas air mata oleh aparat keamanan untuk membubarkan massa, dan dibalas dengan lemparan batu.

Sementara itu, Bundaran Tahrir yang menjadi ikon revolusi Mesir ditutup dengan kawat berduri dan tank tempur dari semua arah jalan untuk menghambat masuknya pengunjuk rasa anti-pemerintah.

Di luar Bundaran Tahrir, tepatnya di belakang Museum Nasional tampak puluhan orang pendukung pemerintah berkumpul dengan mengusung potret Presiden Mesir Abdel Fatah Al Sisi.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri yang membawahi kepolisian, Mohamed Ibrahim, menyatakan larangan unjuk rasa pada 25 Januari, dan berjanji menindak tegas bagi yang melanggar hukum.

*sumber: Kabar Mesir, Antara, Twitter, dll

Sebagian foto-foto Demontrasi Peringati 4 Tahun Revolusi




Tahrir ditutup rezim As-Sisi dengan Tank

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan