Koalisi PKS PDIP (Koalisi Strategis atau Pragmatis)

09:13


53 hari lagi atau tepatnya pada tanggal 29 Mei 2013 mendatang Kabupaten Lumajang Kota kecil yang termasuk pada  jalur tapal kuda ini akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Periode 2013 – 2018. Ada 4 pasangan calon yang akan berlaga memperebutkan orang nomor 1 dan 2 di Lumajang pada Pemilukada ini, antara lain :
-          Pasangan Indah Pakarti, S.Sos dan A. Kafi, S.H yang diusung Oleh Partai Gerindra dan PKNU,
-          Pasangan incumbent Dr. H. Sjahrazad Masdar dan Drs. As'at M.Ag (diusung oleh Partai Demokrat. Golkar dan PAN)
-          Pasangan H. Agus Wicaksono, S.Sos dan K.H. Adnan Syarif, Lc.MA ( diusung oleh PDIP, PKS dan PPP)
-          Pasangan Dr. H. Ali Mudhori dan H. Samsul Hadi, SH, MH (diusung oleh PKB)
Dari keempat pasangan calon diatas, menurut saya ada yang menarik dan membuat masyarakat penuh tanda tanya. Yaitu pasangan H. Agus Wicaksono, S.Sos dan K.H. Adnan Syarif, Lc.MA yang diusung PDIP, PKS dan PPP. Menariknya adalah antara PDIP dan PKS yang di beberapa Pilkada sering bertarung sengit laksana duel el clasico Real Madrid VS Bercelona (maniak bola nih hehehe).  Tapi kini PKS dan PDIP bergandeng mesra, Kerja keras dan gotong royong mengusung pasangan calon bersama demi menjadi pemenang.
Dan yang lebih menarik adalah dua partai ini mempunyai perbedaan ideologi; yang satu berazas dan ideologi Islam, satunya lagi ideologi Marhaenisme dengan Pancasila sebagai azasnya. PKS mempunyai visi sebagai partai dakwah penegak keadilan dan kesejahteraan dalam bingkai persatuan ummat dan bangsa. Sedangkan PDIP mengusung visi mewujudkan cita-cita luhur untuk membangun dan mewujudkan Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur serta berkeadaban dan berketuhanan sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan cita-cita bersama dari seluruh rakyat Indonesia.

Jadi koalisi ini strategis atau pragmatis? Kalau dilihat dari sisi strategisnya adalah kedua partai ini mungkin saling melengkapi. PKS yang terkenal dengan kader yang militan dan semangat rela berkorbannya demi partai dianggap sesuatu yang dibutuhkan bagi PDIP pada pilkada kali ini. Sebaliknya PKS juga menganggap koalisi dengan PDIP adalah suatu keniscayaan mengingat PDIP adalah parpol yang lumayan menguasai perpolitikan Kabupaten Lumajang, dimana PDIP berhasil menjadi pemenang pada Pileg 2009 yang lalu dengan jumlah perolehan kursi Anggota DPRD sebanyak 10 orang. Atau koalisi ini pragmatis hanya berdasar kepentingan saja? Karena ‘Tiada kawan atau lawan abadi dalam politik, yang ada hanyalah kepentingan abadi”. Wallahu ‘alam bishowab. Salam Blogger

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan